Klaim Bertanggung Jawab Terhadap Penembakan Massal di Moskow, Ini Info Tentang Kelompok ISIS-K

By Admin


JAKARTA -- Penembakan massal yang terjadi beberapa hari lalu di gedung konser Moskow, Rusia, masih menyisakan trauma bagi para korban. Serangan terjadi pada Jumat (22/3) yang dilakukan oleh sejumlah orang bersenjata di Crocus City Hall menjelang dimulainya sebuah konser rock.

Mereka menembakkan senjata otomatis dari jarak dekat hingga membuat orang-orang berhamburan dan ketakutan.

Dalam penembakan massal di Moskow Rusia, ISIS-K mengklaim bertanggungjawab. Siapa sebenarnya kelompok ISIS-K? Ini informasi yang berhasil dihimpun. 

Negara Islam Khorasan (ISIS-K) merupakan salah satu afiliasi ISIS di Timur Tengah yang disebut sebagai dalang dari penembakan massal di Moskow tersebut.

Kelompok ini mununjukkan eksistensinya di Afghanistan timur pada akhir 2014 lalu. Melalui berbagai aksi ekstremnya, mereka berhasil membangun reputasi dan mendapatkan sejumlah pengikut yang setia.

Melansir Reuters, ISIS-K mulai mengalami penurunan anggota sejak 2018. Ini terjadi imbas perang Taliban dan pasukan Amerika Serikat yang menggusur keberadaan mereka. 

Meski terlihat sama, ISIS dan Taliban mempunyai visi, prinsip, dan misi yang jauh berbeda. Kendati demikian, Taliban kerap ingin mengalahkan kelompok tersebut karena disebut bertentangan dengan prinsip mereka.

ISIS-K mengklaim aksi kejinya usai mengunggah sebuah video pernyataan bahwa mereka bertanggung jawab penuh dalam serangan tersebut.

Hingga kini, terdapat 4 tersangka yang berhasil diringkus oleh kepolisian Rusia. (*)